Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Cara Membuat Jeans Menjadi Belel

Celana jeans adalah celana trend dari zaman dahulu sampai zaman sekarang. Tapi, seiring dengan kemajuan pernak pernik fashion, ada jeans model terbaru yang sangat trendy dan mudah untuk dibuat sendiri. Yap benar sekali, pasti anda tidak asing dengan istilah jeans belel. 

Jeans belel adalah celana jeans dengan sobekan-sobekan atau tambalan-tambalan berpola yang membuat penampilan anda menjadi lebih bervariasi dan tidak monoton. Bagi anda yang terbiasa dengan baju rapi ketika ke kampus atau ke kantor, anda bisa mencoba menggunakan jeans belel sesekali ketika berlibur. Berikut ini adalah cara membuat celana jeans belel sendiri di rumah bagi anda yang ingin memakai tanpa harus mengeluarkan uang untuk membelinya.

Tutorial Cara Membuat Jeans Menjadi Belel

Pilih Celana Jeans
Anda harus memilih celana yang akan disulap menjadi celana jeans belel, memilih warna yang mana dan bagaimana modelnya. Anda harus menentukan warna, biru, hitam, putih, atau abu-abu misalkan. Terus model longgar atau ketat juga perlu diperhatikan. Sekedar tips. Pilihlah celana jeans dengan warna cerah dehingga lebih kelihatan hasil sobekannya. Pilih juga jeans yang sudah lama dan sudah sering dicuci agar serat kain menjadi lebih empuk dan mudah untuk disobek.

Kreasikan Model Jeans Belel
Model jeans belel tidak hanya sobekan, tapi ada juga yang berupa tambalan-tambalan kain pada tempat-tempat tertentu. Sebelum membuat jeans belel, perhatikan dulu model apa yang sekiranya cocok dengan lekuk dan bentuk tubuh anda. 

Sehingga nantinya akan pas dan benar-benar bagus dipakai. Anda bisa browsing terlebih dahulu bagaimana model yang anda inginkan yang mungkin cocok dengan anda, atau kalau anda memang ingin berkreasi sendiri, anda bisa menggambar terlebih dahulu di kertas, kemudian dilanjutkan dengan praktek langsung pada celana jeans.

Gambar di Celana Jeans
Gambar model dan tandai bagian-bagian yang akan diproses nantinya. Kalau model tambalan tandai mana yang mau di tambal dan kalau model sobekan, tandai juga mana yang akan disobek. Anda bebas mau mengeksekusi bagian mana, bisa di paha, lutut, atau di betis. 

Menggambar bisa dilakukan ketika anda memakai celana, sehingga anda tidak hanya mengira-ngira bagian mana bagian mana. Tapi benar-benar mencoba celana jeans nya dan tau betul mana bagian yang mau dipermak. Menggambar ketika celana dipakai memudahkan anda agar tidak lupa bagian yang mau dipermak.

Siapkan Benda Dengan Permukaan Keras.
Benda keras ini bertujuan untuk melindungi bagian belakang celana jeans anda. Saat anda merobek celana jeans bagian depan pasti bagian belakang juga akan terkena robekan. Untuk mencegah hal itu terjadi, sisipkan benda keras di Antara bagian depan dan bagian belakang celana jeans yang akan dilubangi. Benda keras bisa berupa apa saja, misalnya papan kayu, potongan genteng, batu bata atau apapun asalkan bisa melindungi bagian belakang celana jeans.

Sobek-sobek Celana Jeans
Karena yang lagi hits adalah model celana sobek, jadi penjelasan kali ini adalah menjelaskan tentang cara merobek celana jeans. Merobek celana jeans bisa menggunakan macam-macam alat, seperti gunting, cutter, amplas, pisau dapur dan lain-lain asal benda tersebut tajam dan kasar. 

Untuk awal, gunakan ujung dari benda tajam, entah gunting entah cutter, dengan catatan jangan terlalu lebar. Setelah itu, pakailah amplas dengan cara digosok-gosok secara terus-menerus sampai bagian yang ingin disobek tersebut hilang sedikit demi sedikit serat-seratnya. Lakukan hal yang sama pada bagian-bagian lain yang ingin disobek juga.

Tambahkan Pemutih Pakaian
Tambahan pemutih pakaian akan membuat celana jeans kalian terlihat semakin tua dan sobek alami. Tambahkan pemutih pakaian di bagian-bagian tertentu seperti di pinggirian sobekan atau di bagian yang sudah di sobek. Gunakan spons atau sikat gigi bekas untuk menambahkan pemutih pakaian. Ini hanya tips, jika anda ingin membuat kreasi yang baru anda bisa menambahkan pemutih pakaian di bagian manapun yang anda inginkan. 

Cuci Celana Jeans
Mencuci celana jeans akan mengeluarkan serat-serat yang tidak rapi yang berasal dari hasil sobekan tadi. Setelah dicuci dan dijemur sampai kering celana jeans sudah siap untuk dipakai.
Itulah cara membuat celana jeans belel sendiri di rumah tanpa perlu biaya untuk membeli di toko pakaian.