Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Slime Yang Aman Mudah dan Murah Meriah

Sebelum membahas tentang bagaimana cara membuat slime, lebih baik kita bahas terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan slime. Slime adalah mainan anak-anak dengan tekstur lembut, kenyal, dan sedikit lengket yang bisa dibeli dimanapun dengan harga murah. Untuk ukuran kecil, slime bisa dibeli dengan harga kurang dari sepuluh ribu.

Walaupun slime dapat dibeli dengan mudah dan murah, tetapi lebih seru membuat slime sendiri bersama dengan anak anda. Membuat slime sendiri dapat membantu melatih kreatifitas si kecil. Beberapa slime dibuat dengan menggunakan borax, tapi karena banyak yang khawatir pada penggunaan borax maka lebih baik kita membuat sendiri di rumah menggunakan detergen, shampoo, sabun cuci piring dan lain-lain.


Untuk membuat slime kita membutuhkan slim activator. Slim activator bisa menggunakan borax gliceryne ( Gom) yang dijual di apotek sebagai obat sariawan. Atau bisa juga diganti dengan menggunakan detergen. Cara membuat slim activator dengan menggunakan detergen adalah dengan menyiapkan botol bekas air minum ukuran 330 ml, 3 sendok detergen bubuk atau cair, dan air putih. Masukkan air ke dalam botol sebanyak kurang lebih 100 ml atau 1/3 botol kamudian tambahkan detergen, kocok sampai merata.

Cara membuat slime Antara lain :

Dengan Menggunakan Tepung Kanji
Siapkan bahan untuk membuat slime yaitu, wadah plastik untuk membuat adonan, 1 gelas tepung kanji, lem fox, air putih, slim activator, pewarna makanan, sendok makan.

Cara membuatnya : larutkan tepung kanji dengan air panas, usahakan jangan sampai terlalu encet, aduk sampai rata, kemudian diamkan sebentar sampai kering. Masukkan lem kanji cair ke dalam wadah lebih kurang 5 sendok makan, tambahkan 1 sendok lem fox, aduk hingga merata. Anda bisa menambahkan pewarna makanan untuk memberikan variasi warna. Tambahkan sedikit slime activator, aduk sampai adonan mengental. Dan selesai. Adonan slime siap untuk dijadikan mainan.

Dengan Shampoo Atau Sabun Cuci Piring
Siapkan wadah plastik, shampoo, sabun cuci piring, sendok plastik. Cara membuatnya yaitu, tuangkan shampoo dan sabun cuci piring ke dalam wadah, perbandingannya lebih kurang 2:1 antara shampoo dan sabun cuci piring. Aduk perlahan hingga adonan slime merata. Masukkan ke dalam freezer selama beberapa saat. Kemudian ambil dan slime siap untuk dimainkan.

Dengan Shampoo dan Sabun Mandi
Siapkan wadah plastik, shampoo, sabun mandi bayi cair, sendok plastik. 

Cara membuatnya : tuangkan shampoo dan sabun bayi cair ke dalam wadah dengan perbandingan 2:1. Aduk hingga merata. Masukkan ke dalam freezer selama beberapa saat. Dan adonan slime sudah siap dimainkan.

Dengan Lem Povinal
Siapkan lem cair povinal (anda bisa menggantinya dengan lem UHU atau lem kertas), air putih, pewarna makanan, baby oil, obat tetes mata, sabun mandi cair, sendok plastik.

Cara membuatnya : masukkan lem povinal ke dalam wadah plastik secukupnya, masukkan air secukupnya, tambahkan beberapa tetes pewarna makanan, aduk perlahan hingga merata, tuangkan sedikit obat tetes mata sampai adonan agak mengental, campurkan sedikit demi sedikit sabun cair, aduk hingga merata. Campurkan sedikit baby oil agar adonan tidak lengket ditangan. Diamkan adonan beberapa saat. Dan slime sudah siap dimainkan.

Dengan Lem Fox
Siapkan 2 gelas plastik bekas, lem fox, air putih, 1 sendok makan bedak bubuk, body lotion, slim activator, Gom/ Borax Gliceryn, sabun mandi cair, pewarna cair (siapkan beberapa warna agar lebih bagus), sendok makan plastik.

Cara membuatnya : masukkan 3 sendok makan lem fox ke dalam wadah plastik, masukkan slim activator sedikit sambil diaduk sampai lem fox agak sedikit encer, dan tidak menggumpal. Masukkan ½ sendok makan bedak bubuk. Aduk hingga merata. Masukkan sedikit body lotion, agar adonan tidak lengket ditangan. 

Pindahkan satu sendok ke dalam wadah gelas lain dan dicampur dengan pewarna makanan dengan warna sesuai yang diinginkan. Masukkan sedikit sabun cair ke dalam adonan, aduk terus menerus sampai adonan mengental. Jika belum mengental anda bisa menambahkan beberapa tetes borax gliceryn / gom. Dan slime sudah bisa dimainkan.

Simpan slime dalam lemari es jika sudah selesai digunakan, agar lebih tahan lama.