Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sayur Hijau Yang Bisa Dimakan Mentah Baik Untuk Diet

Sayur hijau apa saja ya yang bisa di konsumsi dalam keadaan mentah? Pertanyaan ini ada dalam benak saya, karena saya ingin hidup sehat dan mengurangi makanan olahan atau yang sudah di masak. Akhirnya sayapun mecoba mengumpulkan informasi ini agar dapat di shering dalam blog ini. 

Awal mula saya mendengar informasi bahwa dengan mengkonsumsi sayur secara mentah akan lebih bermanfaat dan terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya seperti kangker. Namun tidak semua sayuran hijau bisa dimakan, karena ada sayur yang harus diolah terlebih dahulu agar aman di konsumsi. 


Bagi Anda yang ingin mengkonsumsi sayur hijau mentah dan aman, berikut ini daftar sayur hijau yang perlu Anda coba : 

1. Daun Selada 
Selada adalah salah satu daun yang umum kita jumpai dalam hidangan makanan sebagai sayuran pendamping makanan berat. Kalau saya biasanya menyantap daun selada ini dengan nasi dan ayam/bebek goreng bersama sambal terasi, rasanya nyam...nyam... enak banget.

Tahukah Anda bahwa selada ini adalah sayuran yang mengandung serat dan klorofil yang bagus untuk kesehatan dan program diet Anda. Selain itu juga mengandung beberapa nutrisi penting untuk tubuh seperti vitamin C, kalsium, asam folad dan zat besi. 

2. Mentimun
Timun atau sering kita sebut mentimun adalah salah satu golongan buah yang termasuk dalam daftar sayuran hijau. Mentimun sering kita konsumsi dalam ke adaan mentah sebagai lalapan dan penetralisir amis serta juga dapat sebagai pencuci mulut. 

Taukah Anda bahwa timun mengandung banyak vitamin loh diantaranya Vitamin A, C, Kalsium, Magnesium dan Zat besi. Selain itu juga baik untuk Anda yang memiliki Darah tinggi karena dapat menurnkan tekanan darah. 

3. Seledri
Sayuran ini sudah tidak asing dalam kehidupan kita sehari-hari, biasanya kita jumpai di menu lalapan, atau sebagai penyedap bakso dan soto bahkan di beberapa makanan lainnya. Seledri aman dan baik dikonsumsi dalam kondisi mentah karena tidak memiliki racun, tetapi tidak disarankan dimakan terlalu banyak untuk ibu menyusui karena bisa mengurangi produksi air susu. 

Taukah Anda bahwa manfaat daun seledri adalah untuk menghangatkan perut, baik untuk penderita hipertensi dan anti rematik. 

4. Kubis
Sama kubis saya yakin Anda sudah tidak asing lagi, kubis merupakan salah satu sayuran paling familiar dan banyak digunakan di aneka masakan salah satunya sebagai pendamping makanan sebagai salad. Sayur ini bisa dikonsumsi secara mentah tanpa harus di masak dan aman. 

Kubis mengandung beberapa vitamin (Vitamin A, B, C dan E) dan mineral seperti kalium, kalsium, fosfor dan besi. Jadi sangat bagus untuk Anda yang sedang menjalani program diet. 

5. Brokoli 
Brokoli juga salah satu dari sayuran yang sangat bermanfaat bila dikonsumsi secara mentah guys, sebab brokoli mengandung mineral, vitamin dan fitokimia yang apabila dimasak akan menghilangkan nutrisi didalamnya.  

Bebera kandungan nutrisi dari brokoli adalah vitamin A, B6 dan C. Mineral berupa kalsium, magnesium dan zat besi. Manfaatnya salah satunya adalah sebagai salah satu makanan anti kanker yang terkandung dalam brokoli yaitu glucosinolates. 

Saya rasa sudah cukup ulasan tentang sayur hijau yang dapat dikonsumsi dalam kedaan mentah dan bagus untuk Anda yang sedang diet. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.