Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Proses Berfikir dan Contohnya

Proses berpikir merupakan aktivitas pada ranah kognitif manusia. Kognitif merupakan satu ranah dalam tubuh manusia yang mencakup kegiatan mental (otak). Segala upaya yang menyangkut aktivitas otak adalah termasuk dalam ranah kognitif. 

Aspek kognitif beriorientasi pada kemampuan berfikir yang mencakup kemampuan intelektual yaitu mengingat, sampai pada kemampuan memecahkan masalah yang menuntut kita untuk menghubungkan dan menggabungkan beberapa informasi yang berupa ide, gagasan, metode atau prosedur yang dipelajari untuk memecahkan masalah tersebut.

Proses Berfikir Adalah

Seseorang akan berfikir biasanya karena ada suatu masalah yang sedang menimpanya, misalnya : ketika seorang sedang kehilangan uang, maka dia akan berpikir, membuka memorinya, mengingat mencari tahu atau menyusun urutan apa yang tadi dilakukan sebelumnya untuk menemukan uang yang hilang tersebut.

Jadi proses berfikir itu sangat berkaitan dengan informasi baik melalui mengingat, membaca dan lain-lain dapat membantu kita dalam memecahakan persoalan yang sedang kita alami dengan menggunakan informasi yang kita miliki. 

Seseorang yang tidak memiliki kemampuan berfikir yang baik akan mengalami kesulitan untuk dapat menyelesaikan masalah yang dia alami. Oleh sebab itu penting untuk kita melatih proses berfikir dengan baik. 

Kemampuan berifikir yang baik juga peting untuk menunjang kehidupan kita, terutama dalam meningkatkan kemampuan proses belajar seumur hidup. Kenapa demikian? Sebab belajar tidak hanya dengan mendengarkan guru dan membacara buku, belajar juga bisa kita peroleh dengan menyelesaikan masalah yang sedang kita hadapi. 

Coba bayangkan jika seseorang tidak memiliki proses berfikir yang baik? Dia akan sulit menemukan solusi dan jalan keluar dalam memecahkan masalah karena akan keselitan untuk mengumpulkan informasi dan menggunakannya sebagai cara untuk lolos dari masalah yang dialaminya.