Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Alat Pengumpul Data Penelitian

Penelitian bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan dan juga bukan hal yang sangat sulit untuk dikerjakan. Oleh sebab itu seorang peneliti harus menguasai bidang ilmu tertentu untuk dapat melakukan penelitian yang sesuai dengan apa yang hendak dia teliti. 

Hal penting sebelum melakukan penelitian adalah bagaimana cara memperoleh data, dan bagaimana mengelola data yang di peroleh dengan benar. Sebab karena itu seorang peneliti membutuhkan alat untuk mengumpulkan segala informasi yang dia peroleh selama penelitian dan ini harus di rancang terlebih dahulu agar tidak mendapat kesulitan saat melaksanakan sebuah penelitian. 

Berikut ini beberapa Alat Pengumpul Data Dalam Penelitian

4 Alat Pengukur Data Penelitian

Record
Maksud dari Recordcord disini adalah mengukur objek penelitian dari segala aspek yang di butuhkan menggunakan alat bantu semisal penggaris untuk mengukur panjang, lebar dan tinggi. Jangka sorong untuk mengukur diameter, mikroskop untuk melihat bersaran benda mikroskopik dan lain sebagainya. 

Biasanya alat pengumpul data ini digunakan dalam penelitian yang bersifat eksakta, karena biasanya penelitian di bidang ini untuk mengetahui hubungan perlakuan terhadap objek penelitian. 

Observasi
Bisa juga dikatakan surevei, Alat ini duganakan untuk mengidentifikasi beberapa objek penelitian, guna untuk memperoleh data secara visual dan membedakan antara obejek A, objek B dan seterusnya. Penelitian yang menggunakan alat observasi dalam mengumpulkan data biasanya untuk memetakan beberapa karakter objek yang memiliki kesamaan dan berada di lokasi yang berbeda pula. 

Wawancara
Wawancara juga merupakan salah satu alat untuk mengumpulkan data dalam penelitian. Biasanya dalam pengambilan data melalui wawancara adalah dengan survey kepada responden mengenai pendapat ataupun hal-hal yang di ketahui oleh responden tentang apa yang sedang di teliti. Data yang diperoleh adalah data sekunder. 

Dokumentasi
Alat ini digunakan untuk memperoleh data berupa gambar yang dapat menjadi bukti auttentik dalam sebuah penelitian. Data dokumentasi hampir dibutuhkan dalam semua penelitian. 

Bagaiamana, sudah pahamkan 4 alat untun mengumpulkan data penelitian. Semoga bermanfaat, jika Anda suka dengan artikel ini silahkan like atau share. Sampai jumpa.