Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi

Tahukah Anda bahwa salah satu yang menjadi penyebab kadar asam urat tinggi dalam darah adalah makanan yang kita konsumsi sehari-hari kurang sehat. Terlepas dari makanan ada beberapa faktor lain yang insyallah akan saya bahas pada artikel yag terpisah. Jadi pada artikel ini kita akan fokus pada makanan. 

Pertanyaannya serakarang Makanan Apa Saja Yang Dapat Memicu Asam Urat Yang Tinggi Dalam Darah?


1. Jeroan ( Jantung, Hati, Ginjal dan Otak)
2. Makanan laut (Kerang-kerangan, Kepiting, dan Udang)
3. Daging Merah (Sapi, Kambing, Kerbau dll)
4. Minuman Manis dan beralkohol

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa makanan dan minuman di atas dapat memicu asam urat yang tinggi? Asam urat sebenarnya adalah limbah yang terbentuk dari penguraian zat purin yang ada di dalam sel-sel tubuh. 

Limbah zat purin yang berupa asam urat ini di buang melalui urine dan sebagian kecil lainnya dibuang melalui saluran pencernaan dam bentuk tinja. 

Apa bila asam urat yang dikeluarkan lebih kecil dari pada yang diproduksi dalam tubuh maka akan terjadi penumpukan dalam darah sehingga membentuk kristal tajam disekitar persendian, inilah yang menyebab sendi Anda sering sakit. 

Sekarang hubungan antara zat purin sama makanan. Makanan yang disebutkan di atas adalah makanan yang mengandung zat purin yang tinggi. Jika Anda mengkonsumsi berlebihan dapat menyebabkan kadar asam urat dalam darah menjadi tinggi. 

Anda boleh mengkonsumsi makanan di atas asal dibatasi dan tidak berlebihan. Imbangi dengan gaya hidup yang sehat agar hidup makin indah. Semoga artikel di atas bermanfaat dan sampai jumpa.