Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tujuan Pengolahan Tanah Dan Keuntungannya

Pengolahan tanah menjadi amat penting untuk menunjang keberhasilan usaha tani dengan tujuan agar tanaman yang diusahakan dapat tumbuh sehat dan menghasilkan produk pertanian yang berkualitas. Peran tanah untuk kehidupan di bumi sangatlah vital karena tanah merupakan tempat kehidupan tumbuhan dengan menyediakan hara dan air sekaligus menjadi penopang akar. 


Tanah memiliki struktur yang berongga-rongga sehingga menjadi tempat yang baik untuk akat tanaman dapat bernafas dan tumbuh. Selain tanaman, tanah juga menjadi tempat habitat banyak organisme.

Mengelola tanah adalah kegiatan memperbaiki atau merubah struktur tanah agar sesuai dengan kebutuhan tanaman yang dibudidayakan yang tujuannya agar akar tanaman dapat masuk kedalam tanah dan mempermudah tanaman menyerap unsurhara di dalamnya. Pengelolahan tanah akan sangat mempengaruhi proses budidaya selanjutnya. 

Tujuan Pengolahan Tanah
  1. Memperbaiki sifat-sifat fisis dan kimia serta biologis tanah
  2. Meratakan tanah untuk memudahkan pekerjaan di lapangan
  3. Membunuh gulma dan tanaman yang tidak diinginkan
  4. Menciptakan kondisi fisik, khemis dan biologis tanah menjadi lebih baik
  5. Menghindarkan persaingan terhadap tumbuhan pengganggu
  6. Menyiapkan tempat pertumbuhan benih yang serasi
  7. Menurunkan laju erosi
  8. Menempatkan sisa-sisa tanaman (seresah) pada tempat yang sesuai agar dekomposisi berjalan dengan baik.
  9. Mempersiapkan pengaturan irigasi dan drainase
  10. Mencampur dan meratakan pupuk dengan tanah
Tujuan pengolahan tanah yang lain adalah untuk memperbaiki kondisi tanah menjadi gembur sehingga pertumbuhan akar tanaman menjadi lebih maksimal, sekaligus memperbaiki tekstur tanah, sirkulasi udara dalam tanah sehingga unsur hara dapat diserap dengan baik oleh akar tanaman. 

Keahlian dalam memahami pengolahan tanah harus dikuasi bagi Anda yang menekuni kegiatan usaha budidaya pertanian salah satunya untuk produksi hortikultura, sebab keberhasilan dalam mengolah tanah menjadi salah satu faktor penentu dalam keberhasilan usaha dibidang budidaya pertanian. 

Tujuan Pengolahan Tanah Dan Keuntungannya

Kesimpulannya adalah tujuan pengolahan tanah adalah untuk meningkatkan keberhasilan dalam usaha budiaya pertanian dengan cara meningkatkan kesuburan tanah dan menghindarkan hal-hal yang dapat menyebabkan kerugian.

Itulah ulasan mengenai Tujuan dan Keuntungan Pengolahan Tanah semoga memberikan manfaat untuk Anda para pembaca.