Target dan Standard Buah Melon Yang Baik dan Berkualitas (Budidaya Melon)

Mengusahakan pertanian dengan cara budidaya tanaman melon harus memiliki target yang kongkrit karena hal ini menyangkut keranah bisnis dan keberlanjutan usaha dibidang pertanian. Target ini juga harus mengedepankan keuntungan dari dua sisi yaitu konsumen dan petani yang mengusahakan budidaya tanaman melon. 

Lantas target dan standard apa saja yang harus dipenuhi agar produksi buah melon dapat menguntungkan? Kali ini akan saya sharingkan pada artikel ini. Sebelum membahas target dan satu hal yang perlu diperahtikan oleh petani yaitu harus mematuhi STANDARD  OPERATING PROCEDURE (SOP) dalam membudiayakan tanaman melon agar target yang di capai dapat berhasil dan menguntungkan. 

Target dan Stadard Produksi Buah Melon Yang Perlu Dicapai Oleh Petani
Berikut ini hal-hal yang perlu dicapai : 

1. Ukuran Berat Buah Melon 
Target pertama yang harus dicapai adalah ukuran berat buah yang mengikuti standard pasar dalam klas ukuran besar. Produk yang masuk kelas besar berkualitas adalah buah yang utuh, besar dan warna sesuai dengan jenis melon yang ditanam. Salah satu contohnya adalah jenis golden dengan berat minimal perbuah 1,3 kg dan maksimal berat buah 2 kg, sedangkan jenis rock melon minimal berat 1,5 kg dan maksimal 2,5 kg perbuah. 

2. Produk Tidak Cacat
Buah melon dikatakan buah yang berkualitas dan memenuhi target produksi apabila buah melon yang dihasilkan tidak memiliki bentuk yang cacat, misalnya memiliki lekukan yang tidak lazim, warna yang tidak merata, dan berlubang. 

3. Bebas Dari Bahan Kimia Berbahaya
Standar yang utama untuk konsumen dan target yang amat penting bagi para petani adalah buah melon tidak mengandung pestisida, logam berat atau bahan kimia lain yang tidak dikehendaki sesuai standar nasional sehingga aman untuk dikonsumsi oleh konsumen. 

4. Kadar Gula Buah
Kadar gula pada buah melon minimal 11 pada skala brick untuk daging putih dan untuk daging merah. Konsumen menyukai melon yang manisnya merata hingga pinggir dan tidak menyukai melon yang dagingnya lembek karena sudah agak lama dipetik.

5. Tangkai Buah Masih Segar Saat Dipanen
Stadard ini juga mengacu pada target kualitas buah yang unggul, sebab bila tangkai buah saat dipanen telah layu dapat dipastikan bahwa buah melon sudah tidak segar lagi dan tingkat kematangan yang kurang. 

Bila target dan standar diatas mampu dicapai maka dapat dipastikan buah melon yang dihasilkan memiliki mutu dan kualitas yang baik sehingga akan mendapatkan harga buah per kilogramnya tinggi dan bersaing.

Maka secara tidak langsung petani yang mengusahakan budidaya melon akan mendapatkan untuk yang maksimal dari usaha taninya. Semoga bermanfaat untuk Anda para pembaca, jika Anda suka dengan artikel ini bantu share ya n_n.

0 Response to "Target dan Standard Buah Melon Yang Baik dan Berkualitas (Budidaya Melon)"

Poskan Komentar

Terimakasih sudah Berkunjung. Jika Anda Menyukai Artikel Ini Silahkan Menshare Melalui Facebook dan Tweeter.
+ Jika ada gambar atau link yang rusak tolong beritahu saya
+ Jika perlu ada penambahan pada artikel silahkan menambahkan pada kolom komentar, nanti saya update artikelnya
+ Jika Ingin Berkomentar Jangan Spam/ Berpromosi