Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Definisi Pengolahan Tanah dan Tujuannya

Definisi Pengolahan tanah adalah suatu kegiatan meperbaiki struktur tanah dengan menggunakan alat sepeti bajak, cangkul, atau garu yang ditarik dengan berbagai sumber tenaga, seperti tenaga manusia, tenaga hewan, dan mesin pertanian (traktor) sehingga tanah menjadi gembur, lembek, aerasi dan drainase tanah menjadi lebih baik. 

Tujuan utama dari pengolahan tanah adalah agar tanaman yang ditanam di tanah tersebut tumbuh dengan baik dan mampu berproduksi dengan maksimal sehingga usaha pertanian menjadi menguntungkan. 

Mungkin Anda bertanya-tanya,"Apa hubungannya pengolahan tanah dengan pertumbuhan tanaman?" Beberapa tanaman untuk dapat hidup dan tumbuh dengan baik membutuhkan karakter tanah tertentu yang sesuai dengan fisiologisnya. 

Bila masih bingung contoh tanaman padi, dengan fisiologi tanaman padi yang memiliki akar serabut, dan batang yang berlubang, padi dapat tumbuh dengan baik di media tanam yang basah (berair) dan tanah yang gembur. 

Sedangkan sawah pada umumnya sebelum tanahnya diolah memiliki karakter yang keras dan drainase yang buruk. Lalu petani mencangkul atau mebajak sawah agar tanah yang semulanya keras dapat menjadi gembur dan memiliki drainase yang baik sehingga dapat menyesuaikan kondisi yang diperlukan tanaman padi untuk tumbuh dengan maksimal.

Definisi Pengolahan Tanah dan Tujuannya

Bagaimana, masih bingung tentang definisi dan tujuan pengolahan tanah? Semoga sudah terjawab dengan membaca artikel di atas. Sebenarnya ilmu tentang pengolahan tanah itu banyak sekali dan penjelasan dan penjelasan pada artikel ini sengaja menggunakan bahasa yang santai dan mudah dimengerti oleh para pembaca.  Semoga bermanfaat sampai jumpa lagi di artikel yang lain.