Apa Arti Cinta? Pengertian Dan Definisi Cinta Yang Sebenarnya


Apa Arti Cinta Itu? Cinta adalah Emosi yang berasal dari kasih sayang yang kuat dan rasa tertarik terhadap suatu objek (dapat berupa apa saja seperti manusia, hewan, tumbuhan, alat-alat dan lain sebagainya) dengan cenderung ingin berkorban, memiliki rasa empati, perhatian, kasih sayang, ingin membantu dan mau mengikuti apapun  yang di inginkan oleh objek yang di cintainya. Sebenarnya cinta itu sulit untuk di definisikan karena sifatnya subjektif jadi setiap individu dapat memiliki pemahaman yang berbeda mengani cinta, tergantung bagaimana ia menghayati dan pengalaman yang di alaminya.

Pengertian Dan Definisi Apa Arti Cinta

Definisi Cinta 

Menurut Wikipedia Cinta adalah suatu perasaan yang positif dan diberikan pada manusia atau benda lainnya. Bisa dialami semua makhluk. Penggunaan perkataan cinta juga dipengaruhi perkembangan waktu dan masa. Perkataan senantiasa berubah arti menurut tanggapan, pemahaman dan penggunaan di dalam keadaan, kedudukan dan generasi masyarakat yang berbeda. Sifat cinta dalam pengertian abad ke-21 mungkin berbeda daripada abad-abad yang lalu. 

Ungkapan cinta sering digunakan untuk meluapkan perasaan seperti berikut:

  • Perasaan kepada keluarga
  • Perasaan kepada teman-teman
  • Perasaan kepada kekasih kepada lawan jenis (pacar, suami/istri)
  • Perasaan sesama manusia
  • Perasaan terhadap dirinya sendiri, yang disebut narsisisme
  • Perasaan terhadap sebuah konsep tertentu
  • Perasaan terhadap negaranya atau patriotisme
  • Perasaan terhadap bangsa atau nasionalisme
  • Perasaan terhadap agamanya
  • Dan lain-lain


Banyak orang yang mencoba mendifiniskan arti cinta seperti apa, namun jika di tinjau lebih dalam kata cinta itu sendiri memiliki arti yang sangat luas, karena objek cinta itu sangat banyak dan perbedaan emosi cinta dari setiap objek yang berbeda juga tidak sama. 

Berikut ini beberapa pendapat tentang arti cinta yang sebenarnya

1.Cinta adalah anugrah yang diberikan tuhan kepada sepasang manusia untuk saling mencintai,saling memiliki, saling memenuhi, saling pengertian dan lainnya.

2. Cinta itu perasaan seseorang terhadap lawan jenisnya karena ketertarikan terhadap sesuatu yang dimiliki oleh lawan jenisnya (misalnya sifat, wajah dan lain lain).

3. Cinta adalah kata yang memiliki banyak makna, bergantung bagaimana kita menempatkannya dalam kehidupan. 
arti cinta yang sebenarnya

4. Cinta itu bisa membuat orang buta akan segalanya hanya demi rasa sayang terhadap sang kekasih. Kita juga tau apa maknanya cinta itu.

5. Cinta pasti bisa membuat orang merasakan suka dan duka pada waktu yang sama ketika kita berusaha mendapat kebahagiaan bersama. 

6. Cinta adalah perasaan hangat yang mampu membuat kita menyadari betapa berharganya kita, dan adanya seseorang yang begitu berharga untuk kita lindungi. Cinta tidaklah sebatas kata-kata saja, karena cinta jauh lebih berharga daripada harta karun termahal di dunia pun.

7. Cinta itu adalah sebuah perasaan yang tidak ada seorangpun bisa mengetahui kapan datangnya, bahkan sang pemilik perasaan sekalipun. 

8. Cinta merupakan anugerah yang tak ternilai harganya dan itu di berikan kepada makhluk yang paling sempurna, manusia. Cinta tidak dapat diucapkan dengan kata-kata, tidak dapat dideskripsikan dengan bahasa apapun. 

9. Cinta adalah perasaan yang universal, tak mengenal gender, usia, suku ataupun ras. Tak perduli cinta dengan sesama manusia.

10. cinta itu kasih yang tulus yang tidak mementingkan diri sendiri dan cinta itu tidak harus selalu memiliki.
sumber : yahoo.com

Di dalam Psikologi cinta itu di bagi menjadi 3 yaitu :


1.  Cinta karena nafsu
Yaitu cinta yang mengakibatkan hubungan antar dua orang tidak terkontrol lagi, emosi sangat menguasai akal sehat seseorang sehingga perilaku seolah terjadi secara spontan untuk menjawab rangsangan emosi yang berlebihan.

jenis cinta dalam psikologi
2.   Cinta pragmatis
yaitu cinta terjadi keseimbangan antara dua orang, ada rasa suka dan duka, serta  adanya timbal balik.

3.   Cinta altruistik
biasanya terjadi pada seorang ibu kepada anaknya, cinta ini disertai kasih sayang yang tidak ada batasnya.
Cinta itu berada pada ranah emosional dan rasional. Cinta emosional ini datang dan pergi tanpa diprediksi,misalkan: aku mencintaimu pada pandangan pertama, meski aku tak bahagia bersamanya aku tetap mencintainya dll.

Sumber : belajarpsikologi.com

Setelah membaca artikel Apa Arti Cinta diatas semoga pemahaman anda mengenai cinta dapat bertamabah. Kesimpulan dari tulisan di atas bahwa cinta adalah hal yang dapat mempengaruhi emosi manusia karena ketertarikannya terhadap suatu objek.

Demikianlah yang bisa di sampaikan, jika anda ingin menambahkan pendapat dan pengalaman untuk saya masukkan dalam artikel ini silahkan dengan mengisi kolom komentar atau contact kami, insyallah akan segera kami respon. terimakasih untuk kenjungannya sampai jumpa di postingan berikutnya. 

Image source : quotesnsmiles.com, jasonpstadtlander.com dan fanpop.com
loading...
Blog, Updated at: 21.56.00